Sudah menjadi kriteria umum bahwa perempuan tidak bisa dipisahkan dari dapur. Tapi masih banyak yang bingung memulai dari mana. Oleh karena itu, ada beberapa tips agar menjadi perempuan yang pintar masak yang cukup mudah dilaksanakan.

Beberapa Tips Agar Menjadi Perempuan yang Pintar Masak

Sebenarnya berkutat di dapur merupakan kegiatan yang mudah dan menyenangkan, namun terhalang oleh rasa tidak percaya diri atau takut untuk memulai. Jangan risau, ikuti tips agar menjadi perempuan yang pintar masakberikut ini:

1. Rajin Berkutat di Dapur

Tips pertama agar anda pintar masak adalah rajin belajar dan jangan malas. Sering-seringlah mencoba mengolah bahan yang ada di dapur. Sajikan menu berbeda untuk sarapan, makan siang, maupun malam.

Jangan takut rasa masakan aneh, hambar, atau asin karena kelebihan garam. Dari kegagalan itu anda bisa memperbaiki dan terus berlatih sampai menghasilkan makanan dengan cita rasa ciamik. Skill memasak akan semakin terasah.

2. Cari Inspirasi dari Acara Memasak

Anda bisa belajar melalui acara memasak, baik di televisi atau youtube. Tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi untuk melihat tontonan yang mendidik juga menghibur. Jangan lupa siapkan kertas guna mencatat.

Dari tayangan tersebut dapat mengetahui cara memotong bumbu masakan atau menakar bahan yang  mungkin tidak ada dalam resep anda. Belajar seperti ini lebih cepat mengerti karena bisa langsung mempraktekkannya.

3. Kumpulkan Banyak Resep

Jika anda sedang berjalan-jalan tidak ada salahnya mampir ke toko buku dan membeli buku resep. Kalau terlalu mager, dapat mencarinya melalui media sosial. Atau juga bisa browsing di platform yang tersedia.

Di zaman serba digital seperti ini tidak sulit  belajar memasak. Bermodalkan gadget dan kuota internet anda dapat mengakses berbagi resep. Catatlah lalu segera praktekkan untuk menyajikan makanan istimewa bagi keluarga.

4. Jangan Malu Bertanya

Tips selanjutnya tidak kalah pentingnya. Jangan pernah malu bertanya tentang hal yang belum diketahui seputar memasak. Cari tahu pada ibu atau teman perempuan di sekitar anda. Belajar dari resep andalan mereka.

Catat resep-resep yang sudah diberikan, pelajari dengan benar, lalu praktekkan sendiri di rumah. Jika masih merasa kurang, jangan  sungkan untuk bertanya. Teruslah mencoba karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.

5. Terbuka Dengan Kritik dan Saran dari Hasil Masakan

Terbukalah dengan kritik dan saran atas makanan yang sudah dicoba. Anda dapat memberikan masakan pada ibu atau tetangga, lalu mintalah pendapat dari mereka. Apapun hasilnya, terimalah sebagai bentuk pembelajaran.

Anda juga bisa mencoba dengan memberikan pada anak. Amati apakah dia menyukai makanan yang disediakan atau tidak. Catat semua kekurangan, lalu perbaiki agar masakan selanjutnya lebih baik dan tentunya enak.

6. Rajin Belanja

Dua atau tiga hari sekali  perlu memasukkan jadwal berbelanja ke pasar di dekat rumah. Anda dapat menemukan ide masak dengan melihat bahan-bahan masakan yang mungkin bisa dicoba saat waktu luang.

Selain itu, anda akan mudah mengenal bahan dan bumbu-bumbu untuk masak, juga berbagai rempah-rempah yang jenisnya banyak sekali. Tidak sekedar dihafal tapi ketahui masing-masing fungsinya. Jangan sampai salah memasukkan jahe yang dikira lengkuas.

Demikian beberapa tips agar menjadi perempuan yang pintar masak. Jangan pernah takut mencoba. Tentunya anda harus bersabar juga hilangkan rasa malas berkutat dengan alat-alat dan berbagai bahan di dapur.