Indonesia merupakan negara yang masih kental adat istiadatnya. Tidak heran jika  mitos seputar perempuan masih banyak berkembang di zaman modern seperti ini. Bahkan, jangan heran jika sampai sekarang pun masih dipercayai oleh khalayak ramai

Beberapa Mitos Seputar Perempuan

Boleh percaya atau tidak, semua tergantung pada diri Anda. Mitos seputar perempuan di bawah ini masih dipercaya oleh sebagian masyarakat. Mereka sangat berhati-hati dengan akibat yang ditimbulkan jika melanggar. Berikut di antaranya:

1. Menyapu Tidak Bersih, Nanti Suaminya Berewok

Apakah sering ditegur ibu jika saat menyapu masih ada sampah dan debu yang tertinggal? Lalu ditakut-takuti nanti akan mempunyai suami yang berewokan? Bagaimana tanggapan Anda dengan hal ini? Takut atau biasa saja?

Mitos ini masih sering terdengar di kalangan masyarakat. Namun mulai memudar dan hanya menjadi candaan. Tidak sedikit yang menganggap angin lalu sambil berkata dengan nada bergurau, "Kan bisa dicukur."

2. Gadis Makan Sayap Ayam Bisa Jauh dari Jodoh

Mitos selanjutnya yang sering terdengar adalah gadis dilarang makan sayap ayam jika tidak mau jauh dari jodohnya. Entah apa hubungannya. Atau mungkin calon belum tampak itu masih berada di luar negeri?

Tapi jika dilihat dari kandungan sayap ayam memang terdapat banyak lemak. Mungkin yang ditakutkan para remaja adalah dapat menyebabkan jerawat kalau makan berlebihan. Apa ini bisa menyebabkan jauh dari jodoh sebab kulit tidak bersih?

3. Duduk di Depan Pintu Jauh dari Jodoh

Selain makan sayap ayam, duduk di depan pintu juga dipercaya dapat menyebabkan jauh dari jodoh. Mitos ini masih berkembang sampai saat ini, apalagi bagi sebagian besar orang Jawa. Karena dianggap tidak sopan.

Mungkin pesan itu yang dapat diambil dari mitos legendaris ini. Agar para gadis dapat berlaku sopan. Karena secara tidak langsung, duduk di depan pintu akan menghalang-halangi orang untuk masuk dan keluar dari ruangan.

4. Wanita Haid Tidak Boleh Keramas

Mitos yang masih sering beredar adalah wanita yang sedang haid tidak boleh keramas karena bisa menyumbat pembuluh darah dan berbahaya bagi kesehatan. Anda termasuk dalam kubu percaya atau menyanggah?

Karena faktanya, tidak ada penelitian yang membuktikan pada mitos wanita haid ini. Justru, keramas dengan air hangat dapat melemaskan otot tubuh dan meringankan sakit kepala akibat ditimbulkan dari haid.

5. Wanita Haid Tidak Boleh Minum Air Dingin

Mitos seputar wanita haid selanjutnya adalah dilarang minum air dingin karena akan membuat darah membeku sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Untuk ini, apakah Anda percaya juga atau masih menyanggah?

Faktanya tidak ada kaitan minum air dingin dengan siklus haid. Minum air putih, baik dingin maupun hangat akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi saat menstruasi. Selain itu dapat meringankan sakit kepala saat menghadapi tamu bulanan ini.

6. Makan Mentimun Membuat Haid Lama

Mitos ini mungkin masih sering terdengar di sekitar Anda, atau malah sudah hilang? Banyak yang mengatakan jika makan mentimun dapat menghambat keluarnya darah haid, sehingga siklus bulanan menjadi tidak teratur.

Tidak ada kaitan dengan hal ini karena siklus haid dipengaruhi oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Justru, kandungan air yang banyak dari mentimun dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi saat menstruasi.

Demikian mitos-mitos seputar perempuan yang masih sering terdengar di kalangan masyarakat. Percaya atau tidak semua tergantung pada pandangan dan pemikiran. Namun, tidak ada salahnya mengambil sisi positif dari hal tersebut.