Anda sering melihat perempuan yang cenderung bertingkah seperti laki-laki? Entah itu dari segi penampilan, sikap, lingkar pertemanan, bahkan gaya bicaranya. Bahkan, ada banyak hal menjadi penyebab cewek menjadi tomboy.

Penyebab Cewek Menjadi Tomboy

Perempuan tapi mirip laki-laki? Fenomena tersebut sering ditemukan di lingkungan sekitar anda. Banyak faktor yang menjadi pemicunya. Di bawah ini merupakan berbagai penyebab cewek menjadi tomboy:

1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan menjadi pemicu paling besar dari bertingkahnya perempuan seperti laki-laki, baik lingkungan keluarga maupun pertemanan. Sering bergaul dengan orang laki-laki atau memiliki saudara pria yang banyak.

Lingkungan memberikan pengaruh kuat karena apa yang dilakukan orang-orang di sekitar akan mudah ditiru. Selain itu bisa juga disebabkan pola asuh orang tua yang mendidik anak perempuannya seperti laki-laki.

2. Faktor Biologis

Faktor biologis bisa jadi salah satu penyebab mengapa cewek menjadi tomboy. Sebuah studi dari Child Development menyebutkan jika ini disebabkan oleh meningkatnya kadar testosteron selama masa kehamilan.

Semakin banyak pemaparan kadar testosteron, makan besar kemungkinan juga seorang anak perempuan akan menjadi tomboy. Mereka cenderung lebih menyukai permainan yang cocok digunakan untuk laki-laki.

3. Melihat Ayah Sebagai Role Model

Biasanya anak perempuan lebih dekat dengan ayah daripada ibunya. Mereka banyak menghabiskan waktu dengannya, sehingga apa yang dilakukan akan cepat ditangkap oleh mata dan ditiru.

Anak perempuan sangat kagum pada ayahnya dan mempunyai impian menjadi sepertinya agar terlihat keren. Mereka akan mengikuti setiap gaya dan sikap dari sosok panutan itu, hingga cara berpakaian serta bicara.

4. Keinginan Sendiri

Anak remaja sering mencoba-coba dan memiliki pendapat sendiri perihal sesuatu yang keren apa tidak menurutnya. Jika sudah begini akan susah goyah dan bertekad untuk bisa mewujudkan, tanpa peduli apapun.

Mereka sering melihat gaya berpakaian yang sedang tren, mencobanya dan merasa nyaman menggunakan celana daripada rok. Dipaksa untuk berubah pun akan menolak karena itu sudah menjadi keinginannya.

5. Pola Asuh yang Salah

Pola asuh yang salah dapat menjadi penyebab cewek menjadi tomboy. Ini biasanya karena orang tua ingin memiliki anak laki-laki, atau membeda-bedakan dalam memberikan perhatian sehingga anak perempuan merasa minder.

Misal saat orang tua sering berkata untuk menjadi seperti kakak laki-lakinya yang kuat dan mandiri. Si perempuan akan berfikir, agar bisa mendapatkan perhatian yang serupa harus bersikap dan bertingkah mirip saudaranya.

6. Genetik

Bisa juga anak cewek menjadi tomboy karena faktor genetik atau keturunan dari generasi sebelumnya, yaitu orang tua dan seatasnya. Orang-orang perempuan di keluarganya lebih sering bersikap seperti laki-laki.

Ini memberikan pengaruh pada anak perempuan untuk tumbuh menjadi tomboy daripada bersikap feminim. Dari gaya berpakaian, bersikap, dan menghadapi kejadian-kejadian yang yang ada di sekitarnya.

7. Mengikuti Tren

Arus globalisasi yang semakin pesat memang memberikan banyak pengaruh, entah itu baik maupun buruk. Salah satunya adalah tren tomboy cepat sekali memasuki ruang lingkup perempuan sekarang.

Budaya-budaya dari barat, seperti homoseksual dan lesbian dianggap sebagai tren yang bisa dicontoh padahal itu sebuah kesalahan. Di zaman seperti ini, harus benar-benar dapat mengetahui akibat baik atau buruk dari semua perbuatan.

Itulah beberapa penyebab cewek menjadi tomboy. Kalau masih dalam batasan yang wajar tidak akan menjadi masalah, namun jika sudah berlebihan sebaiknya segera diberi pengarahan untuk berubah. Tidak ada yang salah kan bersikap feminim?